Friday, September 13, 2013

Tips Penting Menanam Jabon Untuk Pemula Di Aceh

Berikut Tips dan langkah penting dari kami bagi pemula yang akan ataupun berencana menanam pohon jabon di Aceh, namun terkendala dengan masalah keuangan, ingin menghemat or ingin spekulasikah????
Berdasarkan pengalaman kami yang telah menanam Jabon dan telah melakukan Pembibitan Jabon di Banda Aceh, Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan kepada pengunjung blog agar bisa lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan Keuangan dan Waktu di lapangan mulai dari pengadaan bibit sampai penanaman di lapangan diantaranya:

1.      Pengadaan bibit jabon
Dalam hal pengadaan bibit, disini kami menyarankan agar saudara langsung saja membeli bibit jabon siap tanam dengan kondisi bibit kompak dengan polybag dan memiliki batang besar.  Apabila batang bibit jabon kecil, maka pada saat penanaman di kebun akan merepotkan saudara sehingga harus disiapkan ajir pengikat agar batang jabon yang baru ditanam tidak roboh di tiup angin. 

2.      Hindari menyemai biji jabon
Maksudnya adalah apabila saudara mau menanam jabon dan bibit jabon ingin saudara dapatkan dari hasil semai sendiri. Saran dan pertimbangan kami disini adalah bahwa menyemai biji jabon  bagi pemula memang sulit dan harus melalui banyak tahapan serta perhatian yang ekstra terhadap media persemaian agar proses persemaian berhasil.  Pertimbangan ini didukung oleh banyaknya telpon masuk ke kami, dengan pertanyaan rata adalah “kenapa biji jabon kami ga mau tumbu? Padahal semua tahapan udah kami penuhi sesuai anjuran”.

3.      Hindari membeli bibit sosis
Maksudnya adalah apabila saudara membeli bibit jabon sosisan, maka anda belum merdeka. Hal ini dikarenakan jabon sosis tersebut harus disapih lagi ke polybag siap tanam agar nutrisinya cukup selama proses pembesaran hingga siap tanam, dan berikut pemahaman serta Resiko yang harus saudara pahami dan hadapi:
a.  Apabila saudara membeli jabon sosis dari medan, maka lamanya pengiriman satu malam. Jika belinya di jawa, maka lama pengiriman 3 hari via kargo pesawat.
b. Pada saat bibit jabon sosis tiba ditangan anda, anda harus menyapih/memindahkan segera ke polybag besar or disusun ulang satu per satu. Jangan dulu anda membayangkan jabon sosisan yang dikirm via kargo, 70 % kondisinya acak-acakan alias banyak rusak dalam kardus packing, belum lagi kalo tinggal di medan karena transit pesawat. Ini adalah bukti nyata yang kami alami dulunya.
c.    Cuaca ekstrim dan media polybag yang tidak kompak, akan membuat persentase kematian mencapai 80 % setelah saudara sapih/ pindahkan ke polybag besar dan itu kami alami dulunya.

Namun saudaraku, itu semua adalah saran dari kami dan telah kami lakukan dan telah kami alami tantangannya, terutama rugi waktu, habis energi dan tekor uang.

Semua keputusan ditangan Anda Kawanku....Salam persahabatan!




Persemaian JABON ACEH:

Jl. Kampus Politeknik Aceh, Pango Raya, Banda Aceh
Mobile Phone: 0852 6092 9988. Pin BB: 277A127E. 
E-mail: mahmilul@gmail.com. www.jabonaceh.com 

Cabang JABON ACEH:
Nagan Raya - Abdya - Aceh Selatan
Mobile Phone: 0813 6039-1964

Pidie & Pidie Jaya
Mobile Phone: 0852-7756-9667 

Hormat Kami, 

Maimun Mahmilul, S. IP
 

No comments:

Post a Comment